Selasa, 14 Januari 2014

Apa saja kebiasaan yang dapat merusak gigi??

 

Banyak sekali kebiasaan-kebiasaan buruk yang entah kita sadari maupun tidak dapat menimbulkan kerusakan pada gigi kita. Tentu saja biaya pengobatannya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya pencegahannya. Jadi, rawatlat gigi kalian dengan baik yah!

Dan berikut ini beberapa kebiasaan yang sadar / tidak sadar dapat merusak gigi kita :

1. Menggosok gigi terlalu keras 
Jika kalian menggosok gigi terlalu keras, maka kalian bisa mengikis email gigi dan menyebabkan sensitivitas bahkan resesi pada gusi. Maka gunakanlah sikat dengan bulu yang lembut dan gosoklah dengan pola melingkar, bukan dari sisi ke sisi.

2. Mengonsumsi terlalu banyak makanan asam 
Makanan yang mengandung asam juga bisa mengikis email gigi. Hal ini menjadi masalah karena lapisan pelindung terluar dari gigi tersebut tidak pernah bisa kembali lagi. Jaringan saraf di bawahnya kehilangan lapisan pelindung, dan kalian mungkin akan mulai merasakan nyeri gigi saat mengalami kondisi dingin atau panas. Beberapa makanan asam dan penyebab erosi adalah minuman soda, jus jeruk, anggur, minuman energi, permen karet yang asam dan lemon.

3. Terlalu banyak menggunakan pemutih gigi
Memang pada dasarnya, seiring bertambahnya usia, gigi kita dapat semakin menghitam. Cara yang dianggap paling efektif adalah dengan menggunakan pemutih gigi. Namun jangan melakukannya secara berlebihan. Karena memutihkan gigi secara berlebihan bisa melemahkan email gigi. Seiring berjalannya waktu, bahkan asam ringan bisa mengikis kandungan mineral dari gigi, menyebabkan email gigi menjadi keropos dan pada akhirnya hancur dan gigi menjadi lebih sensitif.

4. Mengonsumsi makanan panas lalu minum air dingin
Ketika kalian menggigit sepotong pizza panas, itu berarti kalian sedang melebarkan email gigi Anda. Lalu kalian meminum soda dingin dalam jumlah besar, tidak dengan sedotan, dan apa yang kalian lakukan dapat menyebabkan kontraksi.

Hal itu bisa membuat apa yang disebut “garis tak beraturan” – sebuah garis retak vertikal dan setipis rambut di email gigi yang bisa menimbulkan noda dan kerusakan. Gigi akan berkontraksi atau melebar seiring perubahan suhu. Saat hal itu terjadi, jika perilaku tersebut dilakukan terlalu cepat, bisa merusak

5. Menggunakan pasta gigi yang salah
Pilih salah satu pasta gigi yang tidak terlalu bersifat mengikis (abrasive). Tingkat FDA pasta gigi menggunakan skala “relative dentin abrasion” (RDA). Semua skala di atas 100 dianggap abrasive (mengikis), di atas 150 sangat abrasive, dan di atas 200 tidak direkomendasikan.
     
Gunakan pastagigi dengan fluoride. Mineral tidak bisa mengembalikan email gigi, namun hal itu berperan penting dalam membuat gigi lebih kuat.

6. Menggunakan gigi sebagai “alat bantu”
Banyak orang yang melakukannya tanpa sadar. Gigi ditujukan untuk mengunyah makanan dan terlihat bagus saat kalian tersenyum, bukan untuk membuka bungkus permen atau menghancurkan es batu.

Jika kalian menggunakan gigi kalian untuk membuka kaleng kornet, tutup botol, atau apa pun, perbuatan itu bisa menimbulkan keretakan mikro yang mungkin terlihat jelas selama bertahun-tahun. Perilaku salah tersebut juga bisa menyebabkan gigi kalian patah atau ditambal karena berlubang.

7. Tidak menyikat dan membersihkan gigi secara cukup
Sebagian orang berpikir mereka telah merawat gigi mereka dengan tepat, namun sayangnya mereka keliru jika mereka tidak menyikat gigi selama dua menit sehari, dua kali sehari. Jika yang terjadi sebaliknya, dapat meningkatkan kemungkinan bahwa gigi kalian bakal berlubang, dan jika tidak ditangani bisa menyebar ke rahang dan menyebabkan infeksi.

Okey, sekian dulu postingan dari saya..
Semoga ilmunya dapat bermanfaat. :D:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar