Jumat, 27 September 2013

Manfaat Layanan Internet

Internet merupakan salah satu media global yang mampu memberikan beragam hiburan dan informasi untuk kebutuhan manusia dalam memenuhi hasrat hidupnya seperti informasi, komunikasi, interaksi, Edukasi, hiburan, dll.

Oleh karena itu memanfaatkan internet secara tepat dan sehat sangat di anjurkan demi menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi setiap individu. Bila penggunaan internet cenderung ke arah yang negative tentu akan berdampak buruk bagi penggunanya, namun bila internet di manfaatkan ke arah yang positif pastilah akan memberikan efek yang positif pula untuk meningkatkan kecerdasan bagi penggunanya.

Ø  Berikut adalah beberapa contoh dari sekian banyak manfaat yang kita dapat dari internet :

  1. Sebagai Informasi bagi kehidupan pribadi & umum, spt : kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial dll.
  2. Sebagai Sarana Telekomunikasi.
  3. Sebagai alat pembantu untuk dunia pendidikan.
  4. Sebagai Informasi untuk kehidupan profesional.
  5. Bisa mendownload dan mengupload foto, video, lagu, dll.
  6. Bisa mengirimkan surat elektronik melalui e-mail.
Ø  Contoh pemanfaatan internet dalam bidangnya masing-masing :

1.     E-Learning
E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya.

2.     E-Government
E-Government merupakan penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan.

3.     E-Commerce
E-Commerce adalah suatu proses pembelian dan penjualan produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis.

4.     E-Banking

Electronic Banking merupakan layanan perbankan yang menggunakan media elektronik sebagai perantaranya dan berfungsi sebagai sarana penyediaan multi channel dan juga dapat menghemat biaya transaksi bank, nasabah lebih bebas, mudah, dan memberikan keamanan bertransaksi dimanapun nasabah berada. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar